Selasa, 09 Agustus 2011

PBM KONVENSIONAL DAN PBM PAIKEM

Menurut anda bagaimana dengan kegiatan PBM yang dilakukan oleh kedua guru dalam video ini ? Bagaimana pula dengan PBM yang kita lakukan sehari-hari ?

Kegiatan dalam PBM bukanlah sebuah kegiatan yang sederhana, namun sebuah proses kegiatan yang komplek dimana untuk terjadinya sebuah PBM yang berkualitas yang dilakukan oleh seorang guru sangat diperlukan perangkat yang memadai, sarana prasarana, media pembelajaran, persiapan yang dilakukan guru (RPP), dan kemauan yang datang dari diri sendiri sebagai motivator merupakan hal terpenting dalam melaksanakan kewajiban menjadi fasilitator pendidikan yang baik bagi peserta didik.

Namun terkadang kita sering terjebak dengan hal-hal formalitas dan normatif dari sebuah tuntutan kinerja yang berkaitan dengan penilaian kinerja atau kegiatan supervisi kelas, baik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah maupun yang dilakukan oleh Pengawas Bina.
Terkadang kita lebih cenderung pada teori praktis untuk memperoleh kelengkapan administrasi sekolah maupun administrasi kelas sebagai pendukung PBM yang kita lakukan, namun apa yang kita lakukan setelah semua administrasi lengkap ada di tangan kita. Malah kita bingung karena persiapan yang kita pegang tak pernah satu alur dengan yang kita laksanakan dalam PBM.

Sederhana saja, sebetulnya akan lebih baik kelengkapan adm yang kita dapatkan dari berbagai sumber kita pilih dan pilah sesuai kebutuhan dan keadaan serta kesesuaian dengan peserta didik yang ada di kelas. Satu hal penting juga bahwa Kepala Sekolah atau Pengawas Bina tentu akan mengetahui persis tentang adm yang kita buat. Jadi kenapa harus bangga dengan adm lengkap namun tak pernah kita laksanakan. Kita justru akan lebih puas melaksanakan PBM dengan persiapan kita sendiri yang kita edit dari berbagai sumber.......
Mari kita coba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar